Menjelaskan ketentuan dan persyaratan sekat kedap air, dasar berganda dan peralatan lensa dan ballast

Sekat Kedap Air, Dasar Berganda dan PeNataan Lensa dan Ballast


Sekat Kedap Air

Sekat kedap air adalah sebuah sekat pada lambung kapal. Sekat kedap air juga merupakan bagian / dinding kedap air yang dirancang secara vertikal di dalam struktur kapal untuk menghindari masuknya air ke dalam kompartemen jika kompartemen yang berdekatan tergenang air akibat kerusakan pada lambung kapal.
Posisi sekat di sepanjang kapal terutama ditentukan oleh hasil perhitungan panjang mampu banjir selama penilaian stabilitas rusak kapal. Namun, begitu posisinya ditetapkan, ada banyak faktor yang ikut berperan, misalnya: jenis sekat kedap air, keunikan berdasarkan posisinya, desain struktur, dll

Sekat Pelanggaran

Sekat Pelanggaran adalah struktur yang diperkuat dengan kuat, tujuan utamanya adalah membatasi kerusakan tabrakan langsung ke bagian busur yang mengarah ke sana. Untuk membatasi kerusakan pada wilayah depan juga berarti bahwa sekat tabrakan adalah sekat kedap air. Biasanya kaku secara vertikal dengan bagian-bagian scantling lebih tinggi daripada yang ada di struktur sekitarnya. Itu juga diperkuat oleh stringer segitiga dari scantling yang lebih tinggi, yang disebut stringers terengah-engah. Senar terengah-engah biasanya disediakan di setiap 2 meter dari bawah, ke depan sekat tabrakan.
Sebuah sekat Pelanggaran adalah sekat paling depan dalam sebuah kapal. Ada Tiga faktor yang menentukan posisi sekat tabrakan ke depan. Posisi akhir sekat Pelanggaran diputuskan dengan mempertimbangkan ketiga faktor yang tercantum di bawah ini:
  1.  Posisi berdasarkan kalkulasi panjang mampu banjir
  2.  Posisi berdasarkan Hukum dan Konvensi Perkapalan. Sebagian besar aturan masyarakat klasifikasi memiliki rentang jarak yang diizinkan di mana sekat tabrakan dapat ditempatkan dari titik paling depan lambung kapal. Jarak ini biasanya merupakan fungsi dari panjang kapal dan faktor yang berhubungan dengan bentuk haluannya
  3.  Posisi berdasarkan aturan SOLAS, yang menyatakan bahwa sekat tabrakan harus ditempatkan di belakang garis depan tegak lurus dengan jarak tidak kurang dari 5 persen dari panjang kapal atau 10 meter (mana yang lebih kecil). Jaraknya juga tidak boleh melebihi 8 persen dari panjang kapal.
Namun, posisi sekat Pelanggaran harus sedemikian rupa sehingga volume penyimpanan kargo maksimum dapat dicapai.

Kegunaan Sekat Kedap Air

1.       Membagi kapal atas kompartemen-kompartemen, dengan sendirinya membagi tekanan ke bidang yang lebih luas.

2.       Mempertinggi keselamatan kapal dalam hal bila kapal mendapat kebocoran.

3.       Mempertinggi keselamatan kapal dengan menambah kekuatan melintang kapal.

4.       Membatasi/melokalisir bahaya-bahaya kebakaran di salah satu kompartemen.

Membatasi penggenangan sesudah salah satu kompartemen mengalami kebocoran.


Jumlah Sekat Kedap Air

Jumlah sekat kedap air bergantung dari Letak kamar mesin, Jika kamar mesin di belakang minimal.3 SKA. Jika kamar mesin di depan : minimal. 4 SKA.









Dasar Berganda






Penataan Lensa












#Menjelaskan ketentuan dan persyaratan sekat kedap air, dasar berganda dan peralatan lensa dan ballast

#Menjelaskan ketentuan dan persyaratan sekat kedap air, dasar berganda dan peralatan lensa dan ballast

#Menjelaskan ketentuan dan persyaratan sekat kedap air, dasar berganda dan peralatan lensa dan ballast

0 Komentar